Monday, July 22, 2019

FreeCAD 0.18.3.16131

FreeCAD
FreeCAD adalah sebuah aplikasi freeware untuk membuat pemodelan pada 3D CAD / MCAD / CAX / CAE / PLM yang ditujukan bagi para teknik mesin dan juga para desainer.
Harga lisensi AutoCAD sangat mahal, tentunya bagi Anda yang tidak cukup memiliki uang akan mengalami masalah, namun berikut salah satu aplikasi alternatif AutoCAD yang gratis.

Aplikasi ini juga bisa dipergunakan untuk proses rekayasa yang lebih luas seperti pada perancangan arsitektur atau pada spesialisasi teknik lainnya. Software dengan fitur berbasis parametrik modeler dengan arsitektur perangkat lunak modular yang membuatnya mudah untuk dipergunakan.
FreeCAD merupakan salah satu aplikasi open source terbaik yang dirancang dan didesain mengunakan OpenCasCade, yaitu sebuah kernel geometri yang kuat dilengkapi dengan Inventor-compliant sebuah model representasi Terbuka 3D yang disediakan oleh perpustakaan (library) dari Coin 3D, dan juga menggunakan API (Application Programming Interface). Desain tampilan Antarmuka ini dibangun dengan Qt. Sehingga dapat berjalan pada berbagai macam platform sistem operasi seperti pada Windows, Mac OSX dan Linux.
Sebuah Sketcher yang dilengkapi dengan fungsi constraint-solver, yang memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah sketsa geometri dalam bentuk bentuk 2D. Sketsa ini memungkinkan Anda untuk membangun beberapa jenis geomerty yang khusus tanpa dibatasi, dan menggunakannya sebagai dasar untuk membangun sebuah objek lainnya.
Fitur modul Drawing Sheets akan memungkinkan pengguna untuk dapat menempatkan tampilan 2D dari model 3D yang telah dibuat pada sebuah lemnbar kerja. Hal ini kemudian akan menghasilkan sebuah modul yang siap untuk diekspor menjadi sebuah format file SVG maupun menjadi jenis PDF. Modul ini masih jarang ditemukan tetapi fitur ini sudah dilengkapi dengan fungsi python yang cukup kuat.
Lisensi        Freeware
Developer    Artwork
Sistem Operasi     Windows XP/Vista/7/8/10
Comments


EmoticonEmoticon