Monday, August 19, 2019

Macrium Reflect 7.2.4433

Macrium Reflect adalah Software cloning hardisk untuk mengcopy seluruh isi hardisk atu lebih tepatnya membuat duplikasi dari hardisk yang satu ke hardisk yang lain.
Kegunaan dari mengcloning hardisk ini diantaranya yaitu membuat sebuah backup sistem laptop/komputer secara keseluruhan, sehingga apabila hardisk yang sekarang rusak atau crash dan tidak bisa digunakan lagi, kita tinggal mengganti hardisk tersebut dengan hardisk duplikat hasil cloning tanpa perlu menginstall ulang sistem operasi, software aplikasi dan melakukan setingan-setingan yang lainnya.

Untuk mengcloning hardisk kita bisa membuatnya secara langsung (disk to disk) atau dibuat kedalam sebuah image file terlebih dahulu. Sebuah disk image merupakan representasi yang tepat dari seluruh hardisk atau partisi dari hardisk. Image file umumnya berisi data terkompresi dan hanya berisi bagian-bagian dari disk yang sedang digunakan oleh sistem file.
Salah satu software cloning hardisk yang terkenal seperti Norton Ghost dan Acronis True Image. Tetapi sebenarnya banyak alternative software cloning hardisk yang selain gratis juga mempunyai berbagai kelebihan dan fitur yang lainnya.
Untuk mengcloning hardisk dengan Macrium Reflect ini, pertama kita harus membuat disk image terlebih dahulu dari partisi atau hardisk yang kita kehendaki. Proses generate file image ini bahkan bisa dilakukan pada hardisk dengan windows yang saat ini sedang digunakan (Live imaging with Microsoft Volume Shadow copy Service). File image yang telah dibuat oleh Macrium Reflect ini dapat kita simpan ke partisi atau hardisk lain atau ke storage media lainnya. Selanjutnya untuk melakukan cloning hardisk atau restore data dari disk image tersebut kita bisa menggunakan kembali aplikasi Macrium Reflect ini atau dengan menggunakan bantuan Rescue CD.
Beberapa Kelebihan serta fitur dari Macrium Reflect Free Edition:
1.Backup data (create image) bisa dilakukan secara otomatis & terjadwal
2.File Image dapat dimount ke virtual drive sehingga bisa diakses dari Windows Explorer
3.Dapat membuat disk image dari sebuah partisi atau hardisk
4.Create disk image bisa dijalankan saat Windows sedang digunakan
5.File Image dapat disimpan ke berbagai Media Storage (Hardisk, USB, DVD)
6.Tersedia Linux Rescue CD yang support network untuk restore image.
7.Support Windows XP, Windows Vista dan Windows 7/8/10, versi 32 bit atau 64 bit.

Comments


EmoticonEmoticon