Cara Membuat Hosting Sendiri - THEBOEGIS

Friday, November 15, 2019

Cara Membuat Hosting Sendiri



Cara Membuat Hosting Sendiri

Pengertian Hosting

Hosting itu adalah sebuah perangkat komputer yang menjadi tempat webmaster dalam menyimpan file atau isi websitenya untuk dapat di akses secara luas melalui internet. Dan karena tingginya kebutuhan akan hosting dikarenakan website baru terus bermunculan setiap hari maka penyedia server hosting pun semakin menjamur. Namun, terkadang banyak juga yang membuat layanannya asal-asalan dan bahkan tak punya dasar untuk itu dan ia pun membuka usaha sejenis yang pada akhirnya merugikan pelanggannya sendiri. Nah. berawal dari sinilah kemudian banyak yang berpikir kenapa tidak membuat server hosting sendiri yang pengelolaannya bisa dikontrol dari rumah.

Atau bagi kamu yang merasa kurang puas dengan layanan hosting umum berbayar, mungkin karena layanannya kurang bagus atau lambat, kamu ada baiknya belajar. Tidak terlalu sulit untuk melakukannya hanya saja dibutuhkan beberapa langkah untuk bisa sampai pada tujuan akhir anda, tapi selama anda tekun pasti bisa.

Membanggun sebuah aplikasi online memakan ruang pada database dan juga hosting. berbagai hosting menyediakan kapasitas yang besar untuk menampung data-data pada aplikasi yang akan saya buat tetapi harganya sangat mahal sekali dan keterbatasan ruang (meskipun ada hosting unlimited). Jika mempunyai hosting sendiri, maka kita lebih leluasa dalam merawat data-data kita.

Membuat Hosting Sendiri Di Rumah

Berikut adalah point-point penting saat membuat hosting sendiri di rumah.

1. Mempunyai Komputer/Laptop
Ini adalah syarat mutlak untuk membuat hosting sendiri di rumah, Komputer/Laptop disini adalah sebagai server tempat kita menyimpan data-data hosting kita. Untuk kebutuhan pembuatan server sendiri adalah semakin baik Spesifikasinya maka semakin bagus dan maksimal saat digunakan sebagai server hosting kita.

Saya anjurkan minimal hardware yang digunakan adalah sebagai berikut:

Processor        : Dualcore

RAM                : 4GB

Hardisk            : 500GB

OS                    : Windows Server/Linux Server

Jika Anda mempunyai hardware dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dari minimal spek diatas tentu sangat dianjurkan sekali. Alangkah lebih baiknya jika langsung menggunakan spek server, contohnya menggunakan processor Inter Xeon.

2. Koneksi Internet Kencang dan Stabil
Tentu koneksi internet sangat dibutuhkan saat akan membuat hosting sendiri, terlebih jika Anda mempunyai aplikasi/website yang harus online selama 24 jam. Koneksi kencang dan stabil akan mempengaruhi kinerja server hosting kita. Semakin kencang dan stabil tentu server hosting kita akan lebih maksimal saat digunakan. Pengiriman, pemrosesan dan pengambilan data pada hosting kita akan menjadi lebih cepat.

Cara Setting Hosting

1. Ketahui Ip Address pada internet provider yang kita gunakan
Masuk pada Google Search lalu ketikan Ip Check maka Ip Public Anda akan terlihat. Fungsi mengetahui Ip Public disini adalah untuk penyetingan pada modem. Ip public dapat diakses dimanapun selagi terkoneksi dengan internet.

2. Setting modem
Jika Anda menggunakan provider speedy maka anda masukan http://192.168.1.1/ pada address bar browser Anda, masukan Username dan Password modem Anda lalu cari menu Advance Setup. Cari Virtual Server. Selanjutnya setting dengan data seperti berikut:

Rule Index: 1, Aplication: HTTP_Server, Protocol : ALL, Start Port Number: 80 dan End Port Number: 80, Local IP Address: gunakan IP Public yang telah kita ketahui pada Google Search. Setelah settingan selesai maka Save.

3. Buat Virtual-Host via AppServ (Apache)
Langkah pertama Anda harus menginstal AppServ (Apache) pada server Anda. Anda dapat mencari tutorialnya di internet. Open file httpd.conf dengan menggunakan notepad/notepad++
Pada baris terakhir Include Script seperti dibawah ini:

# Virtual hosts Include conf/httpd-vhosts.conf

Buat file httpd-vhosts.conf di sebelah data httpd.conf, dan input dengan kode script berikut ini:

NameVirtualHost 192.168.1.3:80

<VirtualHost 192.168.1.3:80>

ServerAdmin webmaster@softkid.servemp3.com

DocumentRoot C:\AppServ\www\~virtual\~server\public_html

ServerName softkid.servemp3.com

ErrorLog logs/softkid.servemp3.com-error_log

CustomLog logs/softkid.servemp3.com-access_log common

</VirtualHost>

Note:

Ganti IP Address yang berwarna merah dengan IP Local Anda. Save script yang sudah dibuat lalu restart AppServ. Setelah itu daftarkan IP Public Anda di https://www.no-ip.com. Sign Up terlebih dahulu, di sana kita dapat membuat Name Server dan mengarahkan pada IP Public kita.

Cara Otomatis
Untuk cara otomatis membuat webhosting sendiri adalah dengan cara menginstall software xampp. Sesuaikan dengan OS komputer anda. XAMPP sendiri sudah support berbagai OS termasuk Linux dan Windows.

Cara Membuat Web Hosting Professional Bisnis
Untuk cara membuat web hosting sendiri yang profesional untuk bisnis adalah dengan cara membuat server hosting sendiri. Ada dua tipe hosting yang perlu kita ketahui, yaitu:

Reseller Hosting.
VPS Hosting atau Dedicated Server.
Untuk membuat hosting sendiri dengan tingkat reseller hosting, kita bisa melakukan pembelian paket reseller hosting seperti di godaddy.com atau di hostgator.com. Jika kita membeli paket Reseller Hosting, kita akan mendapatkan sebuah akses Web Hosting Management. Dan yang biasa di pakai adalah WHM.

Untuk cara membuat hosting profesional bisnis dengan menggunakan VPS atau Dedicated Server, kita harus membeli produk VPS. Atau kita juga bisa membuat sendiri dari komputer kita sendiri jika kita mempunyai statik IP Address pada koneksi internet kita.

Jika kita telah mempunyai VPS sendiri baik itu beli atau membuatnya sendiri, kita bisa menginstall WHM di dalam VPS tersebut. Dengan demikian anda akan mendapatkan akses Hosting Management (WHM) yang akan mengelola setiap client pada web hosting anda.

Untuk kelas bisnis atau profesional, kita harus mempunyai internet akses yang sangat cepat. Karena banwidth yang kita butuhkan akan sangat besar dan unlimited. Untuk cara membuat server hosting sendiri, kita dapat menginstall aplikasi Linux Server didalam komputer tersebut. Seperti Ubuntu Server, CentOs Server, Atau Os Server yang lainnya.

Kita juga bisa menginstall versi Windows dengan menginstall Windows Server pada komputer yang ingin kita jadikan sebagai Server Hosting.

Share this article

Related Post

2 comments