Follow Me

Mengenal Bagian Ikhtisar Blogspot

Setelah kita mengenal bagian dan fungsi dasbor blogspot pada tampilan muka (depan), selanjutnya kita akan membahas bagian dalam dasbor blogspot. Bagian ini adalah bagian terpenting dari setiap blog, khususnya blogspot.

Dari dasbor inilah segala pengaturan tentang blogspot dibuat, mulai dari mengisi artikel, hingga pengaturan tampilan atau template dan banyak lagi. Kita akan membahas bagian-bagian itu satu persatu.

Jika pertama kali membuka dasbor, tampilan yang muncul adalah bagian Ikhtisar. Itulah mengapa, hal pertama yang akan kita bahas dan kenali adalah bagian ikhtisar ini. Sebelumnya, kita harus sepakati penyebutan menu dibagian kiri disebut tab.

Jika melihat tab menu diatas terdapat 11 bagian. Mulai dari Entri baru, Ikhtisar, Pos, Laman, Komentar, Google+, Statistik, Penghasilan, Tata Letak, Template dan Setelan. Setiap bagian memiliki fungsi masing-masing.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Ikhtisar diartikan sama dengan penyebutan rangkuman. Itulah pula tugas utama tab Ikhtisar pada blogspot. Merangkum seluruh informasi didalam blog kita. Tampilannya seperti dibawah  ini.
Penjelasan : 

  • Penayangan adalah bagian statistik atau pelaporan secara umum atas kinerja blog kita. Seberapa sering blog kita dilihat oleh orang lain, dan dari mana saja mereka menemukan alamat blog kita. Laporan penayangan ini memang belum lengkap, laporan utuhnya ada pada bagian Statistik. 
  • Pembaruan adalah laporan soal blog secara utuh. Mulai dari orang-orang yang meninggalkan komentar di blog, jumlah penayangan hari ini hingga total tulisan yang telah diterbitkan. 
  • Sementara kotak Google+ hanya informasi dari Google agar kita memperbanyak teman dari sosial media yang ia sajikan. 

Dalam tab Ikhtisar, selain soal Penayangan dan Pembaruan diatas. Ada pula menu tambahan dari blogspot. Yakni Berita dari Blogger, Panduan Blogger dan Blog Pilihan Terbaru. Jika tertarik membacanya, silahkan buka linknya masing-masing.

Penjelasan : 
  • Berita Dari Blogger adalah informasi terkini yang diberikan blogspot atas setiap perubahan atau penambahan fitur dari blogger. Informasi resmi ini ditayangkan oleh Blogger Buzz. Mereka akan update setiap kali melakukan perubahan. 
  • Panduan Dari Blogger berisi informasi dasar dari penggunaan blogspot. Informasi yang diberikan cukup banyak, hanya saja, bahasa yang digunakan terbatas khususnya Bahasa Indonesia. Namun jika Anda tertarik membaca dan mempelajarinya, tak ada salahnya. 
  • Blog Pilihan Terbaru sama istilahnya jika dalam media online disebut Pilihan Editor. Blogger akan memilih secara berkala, blog pilihannya ditab ini. Untuk syarat agar blog mejeng disana, saya juga belum tahu. Namun berdoa saja, blog Anda bisa menjadi pilihan Blogger. 
Nah, itulah beberapa item menu pilihan yang disajikan tab Ikhtisar pada dasbor blogspot. Bagina-bagian lain akan kita bahas terpisah. Semoga bermanfaat dan perkenalan Anda dengan blogspot semakin intens.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url