Follow Me

Mengatasi berbagai masalah ANDROID 5.0 LOLLIPOP

Mengatasi berbagai masalah ANDROID 5.0 LOLLIPOP

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang android terbaru adalah android marshmillow silahkan baca tips dan trik android marshmillow disni, tetapi untuk android versi lollipop ternyata masih banyak orang yang melakukan update ke versi ini, atau mempertahankan android ini dan tidak melakukan update ke marshmillow, untuk beberapa pengguna banyak yang mengalami masalah dengan versi lollipop ini, mungkin positngan ini sedikit telat, akan tetapi kami berharap bisa membantu pengguna android lollipop yang masih menggunakan versi android ini.

Berikut adalah berbagai masalah yang sering terjadi pada android lollipop dan cara mengatasinya :

Android Lollipop overheating atau kepanasan

Untuk menghindari masalah ini, pertama kita harus menghindarkan android kita terkena sinar matahari langsung, dan kita harus mengetahui bahwa prosesor sebuah smartphone ketika melakukan pekerjaan yang berlebihan seperti banyak membuka aplikasi dan bermain game berat atau 3D akan membuatnya cepat panas, dan dalam beberapa kejadian memang sebuah aplikasi yang sering membuatnya panas, kita bisa menganalisi aplikasi yang nakal melalu safe mode, dan ketika kita menemukan sebuah aplikasi nakal dan jika itu memang tidak berguna ada baiknya kita uninstal aplikais tersebut, berikutnya adalah melakukan factory reset, karena dengan melakukan factory reset, sistem akan menjadi baru dan lebih fresh, tetapi sebelum melakukan factory reset hendaknya kita backup semua data penting terlebih dahulu.

Android Lollipop Baterai Boros
Banyak pengguna mengeluh akan hal ini, biasanya permasalahan ini terjadi ketika kita telah mengupdate firmware dari versi lollipop, baterai menjadi boros setelah update lollipop, hal ini terjadi karena biasanya setelah update, sistem tidak bersih dari firware lama, sehingga mengakibatkan kekacuan pada sistem dan efeknya akan membuat baterai menjadi cepat terkuras.

Cara mengatasi :
Agar semua bersih setelah update firware lollipop, kita perlu  melakukan factory reset untuk mengatasi masalah ini, tetapi kita perlu melakukan full backup terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset, untuk melakukan factory reset caranya sebagai berikut masuk ke Settings > Backup & reset > Factory data reset.
Android Lollipop Tidak Bisa Memutar Video
Beberapa pengguna mengeluh bahwa tidak bisa memutar video, entah itu dari aplikasi youtube atau aplikasi lain, bahkan pemutar video default bawaan androidpun mengalami masalah ini.

Cara mengatasi :
  • Pertama, clear cache aplikasi yang tidak bisa memutar video, semisal youtube maka caranya masuk ke Settings > Apps dan cari youtube, lalu clear cache dan coba kembali.
  • Cek untuk update aplikasi tersebut caranya masuk ke play store lalu cari My apps dan Update all.
  • Dan jika masalah ini masih terjadi, kita coba untuk reinstal aplikasi tersebut.
  • Dan cara yang terakhir, lakukan factory reset, caranya masuk ke Settings > Backup & reset > Factory data reset.

Android Lollipop Aplikasih crash dan lag

Pengguna sering mengeluhkan hal ini, aplikasi crash, lag dan performa yang menurun, pengguna juga melaporkan aplikasinya crash dan tertutup sendiri, lalu ketika masuk home screen akan redrawing yang membutuhkan waktu lama, performa mengalami penurunan yang akhirnya akan membuat android menjadi lag. cara untuk mengatasinya sebagai berikut

Cara mengatasi :
untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan factory reset, cara melakukanya adalah sebagai berikut Settings > Backup & reset > Factory data reset, tetapi sebelumnya back up dahulu data-data penting.
Android Lollipop Wifi atau wi-fi tidak bisa konek atau connect
Pengguna lollipop yang telah melakukan update biasanya sering mengalami hal ini, ketika kita akan menyambungkan wifi ternyata wifi tidak bisa terkenoksi atau ketika wifi sudah tersambung dan ternyata koneksi wifi mengalami penuruan atau drop

Cara mengatasi :
  • Pertama cobalah untuk mereboot android kita.
  • Jika cara ini berlum berhasil, coba matikan mode wifi pada android, lalu on off kan mode pesawat pada android setelah itu hubungkan kembali wifi kita.
  • Jika masih belum berhasil coba matikan router selama 1 menit, lalu hidupkan kembali.
  • Lalu forget connection pada android kemudian koneksikan kembali, ketika terkoneksi kembali, kita akan dimintai password seperti awal lagi.
Android Lollipop charging atau cas lama

Jika kamu mengalami hal ini, maka kamu tidak sendirian, banyak pengguna juga mengalami hal sama, lamanya waktu mencharge menjadi kendala utama untuk lollipop, kami akan memberikan solusinya

Cara mengatasi :
Kami sudah menulis banyak tentang masalah charging atau cas, dan kami juga telah menulis artikel lengkap tentang ini, step demi step cara mengatasinya, jika kalian ingin mencob untuk mengatasi peramasalahan ini, silahkan baca disni..
Android Lollipop notifikasi hilang pada saat layar terkunci

Jika kita pernah mengalami notifikasi hilang pada saat layar terkunci atau widget tidak muncul, maka kami akan memberikan solusinya, akan tetapi perlu diketahui bahwa google telah menghilangkan fitur widget pada lock screen di android lollipop, sedangkan untuk notifikasi kita bisa memperbaikanya dengan cara berikut

Cara mengatasi :
Masuk ke Settings > Sound & notification > When device is locked lalu pilih Show all notification content atau Hide sensitive notification content. setelah itu restart smartphone kita.
Android Lollipop kamera eror

Pengguna telah melaporkan bahwa kamera mereka berhenti bekerja setelah update Lollipop – dalam beberapa kasus bahkan ikon untuk membuka kamera depan tidak ada.

Cara mengatasi :
Untuk mengatasi ini, cobalah menghapus data aplikasi Kamera kita atau clear app data. Caranya masuk ke Settings > Apps > All > Camera dan tekan Clear data.
Android Lollipop flashlight tidak menyala

Maslaah ini terjadi Ketika kita akan mengambil foto didalam ruangan atau di tempat yang gelap dan mengaktifkan flashlight tetapi flashlight tidak bisa dibuka, cara mengatasinya cukup simple, reboot smartphone kita dan semua akan kembali normal.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url