Breaking

logo

Wednesday, August 1, 2018

Trik Mengatur Lembar Kerja Microsoft Office Word Dengan Mudah

Trik Mengatur Lembar Kerja Microsoft Office Word Dengan Mudah

Trik Mengatur Lembar Kerja Microsoft Office Word Dengan Mudah
Trik Mengatur Lembar Kerja Microsoft Office Word Dengan Mudah
Kali ini penulis ingin membagi sedikit ilmu yang penulis ketahui dan semoga bermanfaat bagi kamu para pengguna Microsoft Office Word. Meskipun kita sudah sering menggunakan Microsoft Office Word namun terkadang ada beberapa langkah atau cara yang bisa membantu kita mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan yang tidak kita ketahui. padahal, langkah atau cara tersebut kalau kita bisa menguasainya maka itu akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kita. Nah, di bawah ini saya akan membagikan beberapa langkah atau cara yang bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan Microsoft Office Word.

Dalam mengatur lembar kerja Microsoft Office Word kamu bisa menggunakan Mouse atau cara yang kedua dengan menggunakan Keyboard atau kombinasi beberapa tombol yang terdapat pada keyboard. Bagi kebanyakan orang lebih memilih dengan menggunakan mouse karena lebih mudah untuk melakukan pengaturan lembar kerja Microsoft Office Word, namun tidak sedikit pula yang lebih memilih dengan cara kedua yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. Jika kita mengetahui dengan jelas kombinasi tombol yang bisa digunakan, maka cara kedua atau menggunakan kombinasi tombol keyboard akan terasa jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan mouse.

Berikut ini akan saya jelaskan beberapa langkah atau cara mudah dalam melakukan pengaturan lembar kerja dengan Microsoft Office Word:

1. Mengubah spasi atau jarak antar huruf
Pertama-tama pilih atau sorot text yang akan diubah spasinya kemudian pilih Ribbon Home lalu pilih tanda panah yang berada di pojok kanan bawah pada group Font atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + HFN" tanpa tanda petik secara bersamaan. Pada kotak font yang muncul pilih menu advanced lalu ubah angka pada kotak sebelah kanan dari kotak Spacing, dan yang terakhir klik OK.

2. Mengubah spasi atau jarak antar baris paragraf
Pertama-tama pilih atau sorot paragraf yang akan diubah spasinya kemudian pilih Ribbon Home lalu pilih tanda panah yang berada di pojok kanan bawah pada group Paragraph atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + HPG" tanpa tanda petik secara bersamaan. Pada kotak Paragraph yang muncul ubah pilihan pada kotak yang berada di bawah Line spasing, dan yang terakhir klik OK.

3. Mengubah tampilan text Tebal, Miring atau Garis Bawah
Pilih Ribbon Home lalu pada menu Font Pilih huruf "B" untuk tebal, "I" untuk miring dan "U" untuk garis bawah atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + H1" atau "Ctrl + B" untuk tebal, "Alt + H2" atau "Ctrl + I" untuk Miring dan "Alt + H3" atau "Ctrl + U" untuk garis bawah, tanpa tanda petik secara bersamaan

4. Mengubah perataan atau alignment 
Pengaturan ini berfungsi untuk merapikan dokumen. Terdapat 4 perataan yaitu rata kiri, rata kanan, rata tengah dan justify atau rata kanan-kiri. Untuk penerapannya bisa anda pilih ribbon Home lalu pada menu Paragraph pilih salah satu perataan seperti Align Left (rata kiri), Center (Rata Tengah), Align Right (Rata Kanan), atau Justify (Rata Kanan-Kiri). atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + HAL" atau "Ctrl + L" untuk Rata Kiri, "Alt + HAC" atau "Ctrl + C" untuk Rata Tengah, "Alt + HAR" atau "Ctrl + R" untuk Rata Kanan, dan "Alt + HAJ" atau "Ctrl + J" untuk Rata Kanan-Kiri, tanpa tanda petik secara bersamaan.

5. Membuat daftar urut dengan nomor atau simbol
Untuk membuat daftar urut pada Microsoft Office Word cukup dengan mengetik "1. kata yang diinginkan" tanpa tanda petik dan tekan enter maka microsoft office word secara otomatis membuat nomor urut. Jika cara ini tidak berhasil gunakan cara kedua yaitu dengan memilih Ribbon Home, kemudian pada menu Paragraph pilih Bullets untuk simbol atau Numbering untuk nomor yang berada di bagian atas menu Paragraph atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + HU" untuk simbol atau "Alt + HN" untuk nomor tanpa tanda petik secara bersamaan, kemudian atur sesuai selera dan akhiri dengan klik Ok atau menekan tombol enter.

6. Membuat footnote atau catatan kaki
Untuk membuat footnote atau catatan kaki yaitu dengan memilih Ribbon Reference. Lalu pada menu Footnotes pilih Insert Footnote atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + SF" tanpa tanda petik secara bersamaan, dan atur sesuai selera kamu.

7. Memanfaatkan Auto Correct
Pada Microsoft Office pengaturan default bahasa adalah bahasa Inggris, ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia ketika diketik secara otomatis akan berubah dalam bahasa default atau bahasa Inggris. Seperti kata "teh" yang secara otomatis akan berubah menjadi "the". Untuk menghindari masalah ini maka kita bisa memanfaatkan Auto Correct, yaitu dengan cara pilih Ribbon File lalu pilih Options atau tekan kombinasi tombol keyboard "Alt + FT" tanpa tanda petik secara bersamaan, lalu pada kotak Word Options pilih menu Proofing dan pada kotak sebelah kanan Klik AutoCorrect Options. Kemudian pada kotak yang berada di bawah Replace ketikkan kata yang akan diubah seperti misal "the" dan pada kotak yang berada di bawah With ketikkan kata perubahannya seperti misal "teh". Kemudian akhiri dengan menekan tombol OK atau enter.

8. Mengganti satu atau beberapa text yang sama
Pertama-tama pilih Ribbon Home lalu pilih menu Editing dan pilih Replace atau menggunakan kombinasi tombol pada keyboard yaitu dengan menekan tombol "Alt + HR" atau "Ctrl + H" tanpa tanda petik secara bersamaan. Pada kotak Find What ketikkan kata atau kalimat yang akan diubah dan pada kotak Replace with ketikkan kata atau kalimat perubahannya. Kemudian akhiri dengan klik Replace atau Replace All dan lihat perubahannya.

9. Memasukkan simbol matematika
Pada Ribbon Insert, sorot pada menu Symbols dan pilih Equation atau dengan kombinasi tombol keyboard "Alt + NE" tanpa tanda petik secara bersamaan. Untuk cara penggunaannya Klik disini.

Demikian beberapa cara mudah untuk mengatur lembar kerja pada Microsoft Office Word yang bisa anda gunakan.
Semoga tulisan diatas bisa bermanfaat untuk para pengguna Microsoft Office Word.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact