Follow Me

Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya?

Dikalangan blogger, FeedBurner pasti sudah tidak asing lagi. Layanan gratis dari Google ini punya banyak kegunaan baik untuk meningkatkan trafik khususnya pembaca tetap ataupun untuk mengoptimalkan iklan, utamanya Google Adsense. (Baca Cara Mendaftar Google Adsense dari Blogspot).

Namun tak bisa dipungkiri, hingga saat ini masih banyak juga blogger yang belum mengetahui Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya?. Dalam kesempatan ini kita akan membahas FeedBurner, pembahasan akan kita bagi dalam dua bagian.

Apa Itu RSS FeedBurner?

Pertama-tama kita kenali dulu, Apa Itu RSS? RSS (Really Simple Syndication) berarti alat yang akan mengambil konten terbaru dari situs Anda, jika tertarik dan menarik mereka ke pembaca feed Anda di mana Anda dapat membaca semuanya dalam satu lokasi daripada mengunjungi setiap situs secara terpisah.

Sementara penjelasan resmi FeedBurner adalah sebuah web-based tools yang memberikan kita kemudahan untuk mempromosikan dan memanage blog secara utuh. FeedBurner didirikan pada 2004 silam. Awalnya merupakan layanan tersendiri, namun akhirnya diakusisi oleh Google khusus buat pengguna blogger.

Jika merujuk pada penjelasan Wikipedia, FeedBurner merupakan layanan manajemen umpan web (web feed), yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger dan podcaster serta aplikasi publikasi lain yang berbasis web.

Layanan ini menyediakan analisis lalu lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang dapat dipilih.

FeedBurner sendiri memiliki banyak fitur, misalnya pengecekan statistik optimasi feed. Banyak blogger yang bertanya, untuk apa menggunakan FeedBurner? Apa untungnya dan sebagainya. Apalagi blogspot secara defult-kan memiliki layanan feed tersendiri.

Alasan mengapa menggunakan FeedBurner karena pengguna akan diberi kemudahan mempublikasikan konten agar orang lain lebih mudah untuk melakukan subscribe dan pendistribusian feed lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.

Pengguna FeedBurner juga dapat menganalisis traffic yang berlangganan feed, seperti melihat jumlah subscriber, dari mana mereka berada dan apa yang mereka sukai. Layanan lain dari FeedBurner akan kita bahas dipenjabaran lain lengkap dengan cara mengoptimalkannya.

Bagaimana Membuat FeedBurner?

Sebenarnya, saat pertama kali kita membut blog (Baca Cara Mudah Membuat Blog dari Awal) Feed telah aktif otomatis. Setiap blogspot memiliki struktur feed seperti ini http:// nama-blog-Anda.blogspot.com/feeds/post/default?alt=rss.

Namun feed defult blogspot ini tidak memberi kita keleluasaan melakukan optimalisasi. Olehnya itu, perlu membuat atau mendaftarkan blog di FeedBurner, caranya sebagai berikut.


  • Pertama-tama buka link ini feedburner.google.com, lalu login menggunakan email Gmail Anda, khususnya yang Anda pakai diakun blogspot. 
  • Setelah login, pada kotak isian dibawah tulisan Burn a feed right this instant. Isikan blog yang Anda ingin daftarkan, lalu klik Next. 


  • Pada "Identify Feed Source", Pilih source/sumber feed sesuai yang Anda inginkan, dan klik Next. 

  • Pada halaman "Welcome! Let us burn a feed for you." tentukan judul dan alamat FeedBurner (URI) dari feed baru Anda dan kemudian klik Next. Jika Anda hanya punya satu blog, pilihan akan secara otomatis, namun jika lebih dari satu, pilih blog mana yang akan Anda daftarkan. 
  • Halaman selanjutnya "Congrats! Your FeedBurner feed is now live. Want to dress it up a little?" langsung saja klik Next, ini hanya informasi ucapan selamat, begitu juga pada halaman setelahnya "Configure Your Podcast and Tell iTunes How To List It" 
  • Pada halaman selanjutnya, Analyze Traffic atau "Get More Gusto From Your Feed Traffic Statistics." pilih Clickthroughs dan I want more! kemudian klik Next.

  • Anda akan mendapatkan halaman dengan pesan You have successfully updated the feed "Nama Blog Anda". Berarti Anda telah berhasil memperbarui feed blog Anda. Selesai!
Kini Anda telah berhasil mendaftarkan blog ke FeedBurner, jika ingin melihat alamat FeedBurner Anda ketiksaja URL seperti ini http://feeds.feedburner.com/StresMikir (Ganti StresMikir dengan nama FeedBurner yang Anda daftarkan tadi). 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url