Follow Me

Pentingnya Lakukan Riset Keyword Untuk Bisnis Online

Mengenal Kata Kunci
Mengenal Kata Kunci
Tahap-tahap awal membangun bisnis online adalah menentukan tema lalu menentukan jenis bisnis apa yang akan dikembangkan. Apapun jenis bisnis yang mau dikembangkan, semuanya membutuhkan tema. Tema inilah yang selanjutnya menggiring kita untuk menentukan kata kunci.

Namun sebagai pebisnis, kita tentu tidak ingin langsung terjun begitu saja tanpa persiapan. Tahap sebelum menentukan tema, dinamakan tahap riset. Hampir sama dengan bisnis konvensional, kita juga akan menentukan pasar apa yang akan kita sasar.

(Baca: Tutorial Dasar Memulai Bisnis Online)

Jadi hal utama yang harus Anda lakukan sebelum membuat website atau blog adalah melakukan riset kata kunci a.k.a keyword.

Apa Itu Keyword?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, keyword itu tak lain dan tak bukan adalah kata kunci. Kata kunci ini bisa berupa apa saja. Kata sendiri merupakan satu kata kunci yang ketika di ketikkan di mesin pencari seperti Google akan menggiring sejumlah website atau blog.

Bila dijelaskan secara sederhana, kata kunci adalah kata-kata yang sering diketik seseorang ketika mencari informasi di mesin pencari. Misal ada yang mengetik kata "cari uang" di Google maka kata "cari uang" itulah keyword.

Namun apakah Anda tahu seberapa banyak orang mengentik kata "cari uang" di Google? Tentu saja tiada yang tahu sebelum melakukan riset.

Pentingnya Melakukan Riset Keyword?

Keyword ini ibarat barang-barang yang sedang happening di pasaran. Jika di sebuah mall atau pasar sedang laris-larisnya baju muslim, tentu akan banyak orang yang mencari. Namun jika Anda barang yang Anda jual tidak dibutuhkan orang-orang, sama saja buang modal. (ibaratnya).

Begitulah keyword. Kita harus melakukan riset untuk tahu seberapa banyak orang yang membutuhkan barang tertentu. Dengan mengetahui barang apa yang paling dibutuhkan orang-orang, tentu langkah selanjutnya adalah mencari tempat strategis untuk berjualan.

Jika membuat kios di pasar atau mall, tentu Anda tak ingin berada di posisi paling belakang yang sangat jarang dikunjungi orang. Mana bisa barang-barang dagangan laku kalau tak ada yang berkunjung. Inilah yang dinamakan ilmu SEO dalam dunia bisnis online.

Bedanya bisnis online dengan bisnis konvensional adalah jenis pasar yang diperebutkan. Jika di bisnis konvesional pebisnis berlomba mencari peluang dengan produk-produk tertentu, di bisnis online, orang-orang berlomba mendapatkan kata-kata tertentu.

Tiap kata di internet adalah harta yang tersimpan. Dengan melakukan riset, kita akan tahu kata apa saja yang paling sering di cari oleh orang di internet. Seberapa banyak website atau blog yang bersaing di kata tersebut dan berapa nilai uang untuk kata-kata itu.

Sekali lagi saya katakan, kita tak akan pernah tahu jika tidak melakukan riset. Itulah mengapa, setiap pebisnis online pada mulanya harus melakukan riset. Penting!

Setelah Riset Keyword, Lalu Apa?

Setelah melakukan riset keyword setidaknya kita sudah punya gambaran, pasar seperti apa yang kita perebutkan. Tentu langkah selanjutnya adalah menyusun strategi agar bisa menang dalam pertandingan. Pertandingan disini adalah memperebutkan posisi teratas di mesin pencari.

Tak bisa dipungkiri bahwa penyumbang trafik atau pengunjung terbesar untuk sebuh blog atau website adalah mesin pencari dan Google adalah rajanya. Jadi riset yang dilakukan untuk mengetahui, apa saja yang sekaitan dengan kata kunci yang kita sasar.

Dengan begitu, tahap selanjutnya mengupayakan selalu membuat konten yang ada kaitannya dengan keyword. Ingat, hanya orang yang telah siap dalam peperangan yang kadang jadi pemenang. Dunia bisnis online juga demikian.
Sumber Posting Dari : www.blogooblok.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url