Follow Me

Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang di HP Android

penjelasan gambar

Nomor kontak merupakan hal paling penting pada perangkat HP apapun. Saat kontak hilang pastinya kamu akan mengalami kesulitan saat menghubungi orang tersebut. apalagi jika orang yg kita ingin hubungi tidak mudah ditemui tanpa via sms / telepon terlebih dahulu, dan yang lebih parah, kita tidak bisa bertemu orang itu lagi utk meminta ulang nomor kontaknya
Lantas apa yang harus dilakukan jika kontak di smartphone Android kamu hilang? berikut adalah sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kontak kamu.
Hal pertama yang dapat agan lakukan adalah memastikan bahwa semua kontak kamu ditampilkan, tak ada yang tersembunyi. Bagaimana caranya?
  1. Buka Contact list pada Android kamu
  2. Tap pada menu (sebagian smartphone menggunakan tiga titik sebagai simbol menu yang ada di kanan atas layar ponsel. Sedangkan sebagian lain, menu tersedia di kanan atas layar ponsel dengan tulisan ‘more’)
  3. Pilih Setting, kemudian tap pada pilihan Contact
  4. Kemudian, pilih pada Contact to display
  5. Pada pilihan Contact to display, kamu bisa memiliki kontak mana saja yang akan ditampilkan.
Apakah kontak yang tersimpan di ponsel, simcard, aplikasi, maupun email. Untuk menampilkan seluruh kontak yang tersembunyi, tap pada pilihan All contact. Maka, seluruh kontak yang tersimpan akan muncul pada Contact list alias Daftar kontak.

Cara berikutnya adalah via Sync Akun Gmail
Sekadar informasi, akun Gmail sebenarnya memiliki fitur yang dapat menyimpan kontak yang pernah agan simpan di Android. Namun ada syaratnya. agan harus menyalakan fitur sinkronisasi di perangkat Android ke akun Gmail. Jika tidak, fitur ini tak akan berfungsi.
Nah, kemampuan inilah yang memungkinkan Gmail bisa mendapatkan kembali kontak-kontak yang pernah disimpan.
  1. Untuk mendapatkan kembali kontak dengan cara ini, masuk ke inbox Gmail melalui komputer. Kemudian, pada sisi kiri atas layar, pilih Gmail kemudian pilih menu Contact.
  2. Lalu, agan bisa melihat dropdown menu di bawah bar pencarian bertuliskan More. Klik More dan pilih Restore contacts (Pulihkan kontak).

Di sana, agan akan menemukan pilihan ingin menyimpan kontak yang pernah kamu simpan sejak 10 menit lalu, 1 jam lalu, kemarin, 1 minggu lalu, hingga maksimal 30 hari lalu. Seluruh kontak yang telah tersimpan sebelum waktu di atas masih bisa dipulihkan. Namun perlu berhati-hati, jika agan menambahkan kontak setelah waktu tersebut, maka kontaknya bakal hilang. Jika telah selesai menentukan pilihan, hanya tinggal memilih Resync atau sinkronisasi ulang perangkat Android-mu.
Cara lain yang dapat dilakukan dengan mem-backup data pada perangkat Android. Backup bisa dilakukan dengan bantuan akun Google. Caranya dengan masuk ke Setting ponsel kemudian tap pada Backup and reset. Maka seluruh data dan kontak pada perangkat Android pun akan tersimpan pada akun Google.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url