Follow Me

Cara menghemat baterai samsung galaxy note 5 tanpa root

penjelasan gambar

Baterai cepat habis, mungkin ini sering membuat jengkel kita sebagai pengguna smartphone, nah semua masalah baterai yang boros ini bisa terjadi pada semua smartphone, termasuk baterai boros samsung galaxy note 5, nah lalu bagaimana cara mengatasi baterai boros samsung galaxy note 5 ? disni kami akan memberikan tips dan trik untuk menghemat baterai smasung galaxy note 5 yang boros baterai dan juga cara agar baterai samsung galaxy note 5 tidak cepat habis.

Sebenarnya permasalahan boros baterai pada sebuah smartphone sudah wajar tergantung pemakaian, apalagi jika pemaikan sangat dimaksimalkan, semua aplikasi sosial media berjalan, sering di gunakan bermain game, dan digunakan untuk multitaasking, tentu ini akan membuat baterai smartphone cepat habis, termasuk untuk samsung galaxy note 5 ini, dan berikut adalah Cara menghemat baterai samsung galaxy note 5 tanpa root.

Percepat screen time out mengehemat baterai note 5

Yang dimaksud screen time out adalah, layar akan mati ketika sudah tidak di gunakan, nah untuk menghemat baterai, semakin cepat layar mati ketika tidak di gunakan, maka layar akan semakin sedikit untuk mengkonsumsi daya baterai dan cara untuk mempercepat screen time out adalah sebagai berikut
  • Masuk ke Settings
  • Lalu masuk ke Display
  • Dan masuk ke Screen time out
  • Lalu atur Screen time out secepat yang kita inginkan, dan kami sarankan pilih 15 detik atau 30 detik, jangan terlalu lama 1 menit atau 2 menit bahkan lebih.
Turunkan Keceraahan layar atau brightness

Ini juga penting dalam sebuah smartphone terutama samsung galaxy note 5, untuk menghemat baterai samsung galaxy note 5 kita perlu menurunkan tingkat kecerahan layar atau brightness, alasannya adalah pada semuah smartphone layar paling banyak mengkonsumsi daya baterai, dan jika tingak kecerahan tinggi, makan semakin banyak pula  layar akan menggunakan daya baterai, dan cara untuk menurunkan kecerahan adalah salah satu cara agar layar tidak terlalu banyak mengkonsumsi daya baterai, dan
caranya untuk menurukan kecerahan layar samsung galaxy note 5

Cara Pertama, kita bisa menarik bar layar dari atas kebawah, lalu pada bagian brightness kita unchek atau hilangkan centang pada auto, lalu kita turunkan tingkat kecerahan.
Cara kedua Masuk ke Settings lalu Display lalu Brightness lalu uncheck Brightness hilangkan centang pada auto, lalu kita turunkan tingkat kecerahan.

Gunakan theme atau tema dan wallpaper hitam

Tentu kita tau, bahwa samsung galaxy note 5 menggunakan layar super AMOLED, dan layar super AMOLED ini akan memancarkan cahaya sendiri pada tiap tiap pixelnya, logikanya adalah jika menggunakan layar hitam, maka semua dioda pixel akan memancarkan cahaya yang sama dan tentu ini akan mengehmat baterai samsung galaxy note 5.

Uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan dan di gunakan

Ini yang sering terjadi pada pengguna android, banyaknya aplikasi yang menumpuk padahal aplikasi itu tidak digunakan bahkan kadang aplikasi itu tidak di perlukan, ini membuat smartphone kita bekerja lebih keras, apalagi aplikasi itu berjalan di background.
Stop aplikasi yang berjalan di background

Lanjutan dari pembahasan diatas, mengehentikan proses aplikasi yang berjalan dibackground penting untuk menghemat baterai, termasuk pada samsung galaxy note 5,karena aplikasi yang berjalan pada background akan terums mengkonsumsi daya pada smartphone termasuk konsumsi baterai dan RAM, jadi selain untuk mengurangi konsumsi baterai, force stop ada smartphone juga bisa untuk menghemat RAM.

Masuk ke Settings > Applications > Applications Manager lalu cari app yang ingin di force stop.

Matikan koneksi yang tidak perlu

Kita sering kali mengabaikan hal ini, misal setelah menggunakan WIFI, GPS, Bluetooth, kita biarkan saja menyala, ini sebenarnya dapat membuat sebuah smartphone boros baterai, seperti WIFI akan terus mencari, GPS juga akan terus mencari lokasi, lebih baik setelah kita gunakan, lalu kita matikan semuanya, dan pilih yang sekiranya kita gunakan.

Kontrol penggunaan baterai

Ini harus kita lakukan setiap hari, jika samsung galaxy note 5 kita mulai terasa boros baterai coba lihat pada penggunaan baterai pada Settings > Battery > Abnormal Battery Usage, disana nanti akan terlihat aplikasi-aplikasi yang banyak mengkonsumsi daya baterai.

Scan wifi ketika dinyalakan atau on

Setting pada scan wifi ketika dinyalakan saja, sebab jika settingan selalu scan maka wifi akan terus menyecan, caranya masuk ke Settings > Wi-Fi > More > Always allow scanning > Scan only while Wi-Fi is on.

Gunakan Power Saving

Cara untuk mengaktifkan power saving samsung galaxy note 5 adalah sebagai berikut  masuk ke Settings > System > Power Saving > Power Saving Mode > On. Lalu setelah itu lakukan setting pada Block background data, Restrict performance dll
Turn off atau matikan Motions and Gestures

Caranya adalah masuk ke Settings > Motions and Gestures lalu matikan semua dengan cara menggeser ke kanan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url