Follow Me

fitur-fitur MIUI 8 yang perlu di ketahui dan cara menggunakannya

fitur-fitur MIUI 8 yang perlu di ketahui dan cara menggunakannyar

Bagi teman-teman yang sudah upgrade versi MIUInya ke versi 8, atau yang sudah menggunakan MIUI 8 kami dalam artikel ini akan memberikan tips dan trik miui 8, fitur-fitur pada miui 8 dan tentu cara mengaktifkan atau menggunakannya, karena MIUI 8 mempunyai futur-fitur yang tersembunyi yang mungkin teman-teman belum mengetahui fitur ini.

Sebenarnya tidak tersembunyi cuma mungkin karena belum tahu saja, nah semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam mengoprasikan xiaomi teman-teman dengan MIUI 8 nya agar lebih maksimal, dan berikut artikel kami tentang : Ini fitur-fitur MIUI 8 dan cara menggunakannya, selamat mebaca.

2 aplikasi dan 2 akun dalam satu smartphone atau dual app

Ini juga fitur dari xiaomi lainnya yaitu dual app atau aplikasi ganda, dimana kita bisa membuat dua akun dalam satu smartphone, misal kita punya dua akun whatsapp, atau dua akun bbm, atau dua akun facebook, nah di miui 8 kita bisa menggunakan dual app, jadi kita bisa login dua akun dalam satu smartphone

Cara mengaktifkan dual app miui 8
  • Pertama masuk ke Settings.
  • Cari Cloned app
  • Lalu pilih app yang akan di clone
Setelah selesai, maka nanti aplikasi yang kita clone akan menjadi dua, jadi kita tidak perlu lagi menggunakan aplikasi lain jika ingin menggunakan 2 akun bbm, facebook, whatsapp, line, atau yang lainnya.
Quick Ball
Fungsi quick ball adalah shotrcut atau jalan pintas ketika kita membuka aplikasi lain menuju aplikasi lainnya, jadi pada bagian layar nanti akan ada bulatan dan ketika kita tekan bulatan layar itu, maka akan muncul app-app yang sudah kita settings seperti gambar diatas.
Cara untuk mengaktifkan quick ball xiaomi miui 8

Masuk ke Settings atau pengaturan > Additional Settings atau settings tambahan > Quick Ball

Second space atau ruang kedua

Nah fitur ini berfungsi seperti kita mempunyai dua smartphone tapi dalam satu smartphone, jadi kita akan mempunyai homepage lain, makanya di sebut second space atau ruang kedua.

Cara mengaktifkan second space atau ruang kedua
  • Pertama masuk ke Settings
  • Lalu cari Second Space
  • Lalu aktifkan atau Turn on Second space
  • Setelah itu kembali ke layar home atau layar beranda

  • Lalu akan muncul icon Manage, seperti gambar diatas
  • Setelah itu kita klik icon Manage.
  • Lalu kita akan disuruh membuat password untuk ruang ganda.
  • Setelah itu klik next, nanti kita akan di beri pilihan untuk mengimpor foto, file atau aplikasi.
Fitur ini berfungsi dimana kita bisa melakukan screenshot yang panjang dari layar atau long screenshot

Cara long screenshot atau screenshot panjang xiaomi miui 8
  • Pertama, masuk ke layar dimana kita akan mengambil screenshot.
  • Kedua tekan dan tahan tombol volume down atau untuk menurunkan suara dan tombol menu.
  • Setelah itu nanti hasil screenshot akaan muncul pada layar bagian kiri dan klik pada screenshot tersebut selama 5 detikan.
  • Setelah itu akan muncul pilihan “Extend”, “Edit” an “Send” dan pilih extend
  • Setelah itu scroll kebawah terus layar yang kita ingin screenshot dan klik stop atau done jika sudah dirasa cukup

Currency Converter atau konverter mata uang

Nah yang pertama adalah konverter mata uang, jadi xiaomi miui 8 mempunyai fitur dimana kita bisa mengkonvertsi mata uang, berapa harga uang indonesia atau rupiah terhadapat dollar, atau yuan, atau yen, bahkan fitur ini bukan cuma akan mengkonvert mata uang perupiah, tapi juga bisa untuk menghitung, misal kita ingin menghitung 1 juta rupiah dalam dollar berapa, bahkan kita bias  melakukan untuk 3 mata uang sekaligus, menghitung 1 juta  rupiah berapa dalam dollar dan yuan, dan fitur ini ada kalkulator MIUI.

Cara untuk membukanya gampang kok, tinggla buka aplikasi kalkulator, terus pada pojok kiri ada bulatan dan titik empat, tinggal kita tekan dan tap saja.
Selain itu juga ada fitur-fitur lain pada aplikasi kalkulator miui 8, tidak hanya untuk konverter mata uang saja.
Length converter atau konvert panjang

Fitur ini dapat mengkonvert dari satuan panjang, misal 1 meter berapa cm.
Area converter
Volume converter
Temperature converter atau konverter suhu
Speed converter
Time converter
Mass converter atau massa konverter atau berat konverter
Image Editor

Nah fitur ini kita bisa melakukan edit pada foto kita tanpa harus mendownload aplikasi pihak ketiga, dan tentu fitur-fitur dalam editan foto ini banyak pilihannya seperti instagram dan editor foto lainnya, banyak efek-efek keren pokoknya.

Cara untuk melakukanya juga gampang, tinggal kita buka gallery, lalu pilih foto yang akan di edit, setelah kita buka fotonya, kita TAP lalu pada bagian bawah akan muncul edit, nah kita klik edit.
Video Editor atau edit video

Pada MIUI 8 juga terdapat fitur edit video, jadi kita tidak perlu lagi mengintall aplikasi pihak ketiga untuk melakukan edit video karena MIUI sudah menyediakan, pada edit video kita di beri banyak fitur, dintara memotong video dan memberi efek, bahkan kita juga bisa menulis kata-kata pada video tersebut.

Cara untuk mengedit video pada MIUI 8 cukup mudah, pertama buka gallery lalu pilih tab album, setelah itu pilih Videos dan pilih video yang akan kita edit, lalu pilih edit
Disediakan Wallpapers

Bosan dengan wallpaper itu itu aja? pengen ganti wallpaper lock screen ama home screen, tenang, di miui 8 kita di sediakan banyak wallpaper di theme app store.

Kita tinggal masuk ke aplikasi themes, lalu pilih wallpaper dan kita bisa mencari wallpaper kesukaan kita disana atau wallpaper yang cocok dengan kita dan kita download dan terapkan.
Cleaner App atau aplikasi pembersih

Fungsi dari aplikasi pembersih atau cleaner app adalah untuk mebersihkan file-file cache atau sampah, karena jika file cache menumpuk akan menurunkan performa smartphone, dan juga dilengkapi dengan deep clean, kita dapat menghapus file-file yang besar yang tidak berguna dan foto-foto yang terduplikat sehingga internal memori kita tidak menumpuk banyak file tidak berguna.

Cara untuk menjalankan cleaner app atau aplikasi pembersih, masuk ke security atau keamanan, lalu pilih cleaner atau pembersih.
Kena harus membersihkan atau melakukan clean pada smartphone, jawabanya ada di artikel ini gan

Transfer atau mengerim file dengan cepat menggunakan MI drop
Fitur ini di fungsikan untuk sesama pengguna xioami, yaitu fitur mi drop, sama seperti share it fungsinya cuma aplikasi ini memang bawaan dari xiaomi itu sendiri jadi keamanan lebih terjaga, mentransfer file juga menjadi lebih cepat,

caranya kita pilih file yang akan kita kirim, lalu tekan dan tahan sampai  muncul pilihan send, setelah itu kira pilih mi drop, lalu mi drop akan mencari device yang telah mengaktifkan mi drop di sekitar, dan tentu sebelum melakukan transfer menggunakan mi drop, penerima harus mengaktifkan mi drop terlebih dahulu.
Virus scanner

FItur ini kita dapat menscan virus pada perangkat xiaomi kita, caranya cukup mudah kok, tinggal masuk ke aplikasi security atau keamanan, lalu pilih virus scanner dan jalankan.
Data Usage Monitoring

Bingung kenapa tiba-tiba paket data habis, padahal baru beli kemaren ? nah pada xiaomi miui 8 ini terdapat fitur dimana kita dapat memonitoring atau melihat pemaikan data kita, untuk apa saja paket data kita dan kuota internet kita di gunakan, jadi kita tidak bingung kalo kuota internet kita habis, kita tau pasti kemana perginya, dan kita juga dapat mengontrol pemaikan data kita.

Untuk melakukan  ini, caranya masuk ke app security atau aplikasi keamanan, setelah itu pilih data usage lalu pilih lagi data usage stats.
Auto OFF dan ON xiaomi

Ini fitur keren lainnya dari xiaomi, yaitu auto off atau mati dan auto hidup, jadi kita bisa mengatur smartphone kita untuk secara otomatis mati pada jam-jam tertentu, lalu hidup kembali pada jam-jam terntu yang sudah kita setting.

Cara untuk melakukannya cukup mudah masuk ke Security App atau aplikasi keamanan > Battery > Battery Saver, lalu aktifkan Schedule time to switch between modes dan atur jam kapan off dan kapan hidup.
Demikian artikel kami tentang tips dan trik xiaomi miui 8, dan fitur-fitur yang ada pada xiaomi miui 8
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url