Follow Me

Cara Menampilkan Home/Beranda Pada Blogspot

Mempercantik tampilan blog pastinya sangat penting agar pengunjung (visitor) betah berlama-lama pada blog (rumah) kita.

Salah satu yang juga banyak dipertanyakan blogger, utamanya yang pemula (seperti saya) adalah menampilkan tombol 'Home' atau 'Beranda' di kepala blog (header).

(Baca Juga: Cara Membuat 'Baca Selanjutnya' di Postingan Blogspot)

Di blogspot, 'Home' ini memang tidak ditampilkan begitu saja. Namun bisa kita tampilkan kapan pun kita mau. Caranya mudah. Mula-mula masuk ke acount Blogspot Anda, disisi kiri dasbor carilah tulisan 'Laman'.

Klik tulisan tersebut dan Anda akan dihadapkan pada tampilan seperti ini.
Pada tulisan 'Beranda' dibawahnya terdapat tulisan 'Edit | Lihat' jika Anda ingin merubah tulisan 'Beranda' jadi 'Home' silahkan klik 'Edit', jika mau menggunakan 'Beranda' abaikan saja.

Setelah itu, diatasnya ada tombol bertuliskan 'Jangan tampilkan'. Klik disana. Anda akan diberi tiga pilihan 'Tab atas' 'Tautan samping' dan 'Jangan tampilkan'. Dalam blogoooblok ini kita pilih 'Tab atas' sehingga posisi tepat ada disebelak kiri atas pada blog.

Setelah dipilih, silahkan klik 'Simpan Setelan' yang berwarna orange di pojok kanan atas. Setelah itu, lihatlah apa yang telah Anda lakukan. Woo... sekarang menuju halaman Home Page sangat mudah, tinggal mengklik tombol 'Home'. Mudah bukan...!

(Baca Juga: Cara Membuat Postingan di Blogger)

Update 16 Februari 2015

Untuk menampilkan menu 'Home' di Blogspot tidak lagi dengan cara di atas. Blogspot telah menambahkan aplikasi ini di widget. Anda Bisa mengaksesnya dengan masuk ke Tata Letak dan pilih "Laman".
Setelah itu akan muncul jendela baru, centang "Beranda" untuk menampilkannya. Pada widget ini Anda juga bisa menampilkan menu yang lain seperti menambahkan laman baru dan sebagaianya.
Jika masih belum mengerti bagaimana menampilkan fungsi Home pada Blogspot, bisa dilihat dari video tutorial berikut ini;

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url