Follow Me

Siapakah Eva Ekblad yang Menjadi Doodle Google Hari Ini ?

Magazine Daily QQ, Mesin pencari top ranking 1 'Google' selalu menampilkan sejumlah perayaan dalam tema doodle mereka, dan hari ini, Senin 10 Juli 2017 google menampilkan doodle kepala seorang wanita dan setumpuk tepung kentang. Siapakah sosok wanita tersebut hingga Google menjadikannya sebagai doodle hari ini.

Sosok perempuan dalam doodle Google tersebut adalah Eva Ekblad sang penemu tepung kentang. Eva Ekblad wanita kelahiran 10 Juli 1924 ini adalah seorang agronom, ilmuwan, Salonis (semacam perkumpulan rutin di antara banyak orang dalam satu atap untuk bertukar ilmu dan pengalaman), dan bangsawan Swedia.

Eva dikenal sebagai penemu tepung dan alkohol dari kentang pada tahun 1746. Ia adalah wanita pertama yang menjadi anggota dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada tahun 1748. Ekblad menulis untuk Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia karena ia menemukan cara membuat tepung dan alkohol keluar dari kentang. Ia juga menemukan metode pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun pada 1751, dan mengganti bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang pada tahun 1752.
Kentang telah diperkenalkan ke Swedia pada tahun 1658, tapi sampai saat itu hanya dibudidayakan di rumah kaca dari kalangan aristokrat. Karya Ekeblad mengubah kentang menjadi makanan pokok di Swedia; Hal itu juga meningkatkan pasokan gandum, gandum hitam, dan jelai yang tersedia untuk membuat roti, karena kentang dapat digunakan sebagai pengganti alkohol. Dampaknya adalah berubahnya kebiasaan makan orang Swedia dan mengurangi tingkat kelaparan pada masyarakat.

Dia juga menemukan metode pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun pada 1751, dan mengganti bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang pada tahun 1752; dia dikatakan telah mengiklankan tanaman tersebut dengan menggunakan bunganya sebagai hiasan rambut.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url