Follow Me

10 Cara Memilih Durian yang Manis Dan Enak

Medan, Siapa yang tidak kenal dengan keunikan dan rasa buah yang satu ini bahkan ada sebagian orang yang membuat nya menjadi pelesetan. 

Durian adalah buah tropis yang merupakan favorit banyak orang, terutama masyarakat di derah tropis. Nama durian diambil dari kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk sehingga menyerupai duri.
Buah yang sering disebut sebagai King of Fruit ini memiliki aroma yang menyengat dan rasa yang manis. Aroma buah ini bisa menggiurkan siapa saja yang menciumnya, tapi siapa sangka untuk menikmati rasa buah durian yang manis ini kamu perlu usaha ekstra. Kerena tidak semua buah durian yang dijual di pasaran mempunyai rasa yang manis.

Harga buah durian yang berkualitas baik juga tidaklah murah, jadi kalau kamu ingin menikmati buah durian dengan rasa yang tepat ada beberapa rahasia yang harus kamu ketahui. Inilah
10 cara memilih durian yang manis dan enak untuk disantap.

1. Pilih durian dengan bentuk bulat

Kalau dilihat lebih teliti lagi, sebenarnya nggak semua buah durian punya bentuk bulat. Ada beberapa buah durian yang memiliki bentuk sedikit lebih lonjong.
Saat kamu memutuskan untuk membeli durian, pilihlah dengan teliti. Pilih buah durian dengan bentuk yang bulat. Buah durian yang berbentuk bulat adalah tanda kalau buah itu memiliki daging yang banyak. Sedangkan buah durian yang berbentuk lebih lonjong biasanya berdaging buah lebih sedikit.

2. Abaikan bentuk fisiknya


Seperti kata pepatah “Don’t judge a book by it’s cover”. Hal itu juga berlaku saat kamu akan memilih durian. Warna dari kulit buah durian beragam. Mulai dari hijau, kekuningan, sampai kecoklatan. Jangan kira warna dari kulit ini mempengaruhi rasanya.
Warna kuning pada kulit durian tidak selalu menandakan bahwa durian tersebut sudah matang. Begitu juga dengan durian berkulit hijau, tidak selalu berarti belum matang. Di Indonesia sendiri rata-rata durian memiliki kulit agak kehijauan.

3. Pilih yang bertangkai pendek


Tangkai pada durian menentukan tebal dan tipisnya daging durian. Tangkai yang kecil dan panjang menujukkan bahwa daging buahnya tipis dan sedikit.
Sedangkan buah durain yang memiliki tangkai tebal dan pendek menunjukkan bahwa durian tersebut memiliki daging yang tebal dan banyak. Tangkai dari buah durian ini berfungsi untuk menyalurkan karbohidrat ke batang pohon. Bila tangkai itu besar dan pendek, itu adalah tanda jika asupan karbohidrat dalam daging buah juga semakin besar.


Anda Suka Bermain Kartu? Klik di sini

4. Dengar bunyi durian



Kamu bisa memilih durian yang baik dengan mendengarkan bunyi dari durian tersebut, caranya dengan memukul durian dengan pisau. Mintalah penjual untuk melakukan hal ini untuk kamu.
Jika durian yang dipukul bunyinya seolah teredam, itu tanda kalau durian tersebut sudah matang dan siap makan. Sedangkan jika durian tersebut berbunyi nyaring, itu tanda jika ia belum matang dan belum siap dimakan.


5. Pilih yang berduri pendek


5. Pilih yang berduri pendek

Hal ke 5 yang harus kamu perhatikan saat memilih durian adalah pilih durian yang memiliki duri pendek. Selain duri yang pendek perhatikan juga tingkat kerapatan duri. Kalau bisa carilah buah yang berduri jarang.

6. Perhatikan aroma


Sembari mengamati bentuk fisik dari buah durian yang akan kamu beli, cobalah untuk mencium aroma dari masing-masing buah yang kamu amati. Buah durian yang benar-benar matang dan memiliki rasa manis, meskipun kulitnya belum terbuka akan memiliki aroma yang harum.

7. Pilih durian berjuring lima


Jika diamati lebih teliti, buah durian memiliki juring atau kamar yang terisi dengan biji dan daging buah. Untuk melihat jumlah juring dari durian, kamu bisa melihat dari permukaan kulitnya yang seolah membentuk garis dari atas sampai bagian bawah buah.
Buah durian yang baik idealnya memiliki jumlah juring sebanyak 5. Durian dengan jumlah juring 5 kebanyakan berbuah manis dan berdaging tebal.


8. Hindari memilih buah durian yang telah terbuka


Biasanya saat memilih buah durian kebanyak orang akan tertarik dengan buah durian yang telah terbuka kulitnya. Pdahal buah durian yang sudah terbuka kulitnya pertanda jika buah tersebut sudah masuk angin sehingga membuat daging buah menjadi hambar. Jadi, sebaiknya ketika kamu melihat buah durian yang sudah terbuka kulitnya jangan dipilih.


Anda Suka Bermain Kartu? Klik di sini
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url