Eiko Ishioka, Siapa Dia? Yang Masuk pada Doodle google hari ini 12 Juli 2017 - THEBOEGIS

Wednesday, July 12, 2017

Eiko Ishioka, Siapa Dia? Yang Masuk pada Doodle google hari ini 12 Juli 2017



Google pada halaman pertamanya hari ini memasang doodle dalam bentuk grafis khusus sebagai penghormatan kepada Eiko Ishioka yang berulang tahun ke-79. Siapakah Eiko Ishioka?


Eiko Ishioka bukan sosok asing bagi para sineas dan pekerja film. Perempuan asal Jepang itu dikenal sebagai penata artistik, desain grafis dan desainer busana untuk panggung pertunjukan. Eiko Ishioka lahir di Tokyo tanggal 12 Juli 1938. Tak heran, demi memperingati kelahirannya, hari ini Rabu (12/7) google memasang doodle Eiko Ishioka pada halaman pertamanya. 

Sebagaimana dikutip dari laman wiki meski memulai karirnya di seni panggung, Eiko Ishioka juga dikenal sebagai penggiat seni periklanan yang memperkenalkan gaya boutique dan Parco di dalam karya-karyanya. Dalam sejumlah kolaborasinya dengan perusahaan busana olahraga seperti Descente, Eiko Ishioka mendapat kepercayaan merancang busana kontingen Swiss, Kanada, Jepang dan Spanyol pada olimpiade musim panas di Salt Lake City tahun 2002. Dan puncaknya, Eiko Ishioka didapuk sebagai desainer kostum opening ceremony Olimpiade Beijing tahun 2008.


Catatan prestasi ciamik Eiko Ishioka dalam dunia artistik semakin fantastis manakala dirinya mendapat penghargaan Oscar untuk kategori Best Costume Design dalam film Bram Stoker’s Drakula garapan sutradara beken Francis Ford Coppola tahun 1992. 

Setelah meninggal dalam usia 73 tahun pada tanggal 21 Januari 2012 silam, karya Eiko Ishioka masih saja mendapat pengakuan dari perfilman dunia. Salah satunya Eiko Ishioka meraih nominasi Oscar untuk desainer busana terbaik dalam film Mirror Mirror karya Tarsem Singh. 

Eiko Ishioka menempatkan dirinya sebagai salah seniman Jepang yang diakui dunia khususnya dalam industri perfilman selain Akira Kurosawa. Atas pencapaian dan totalitasnya dalam bidang artistik dan desainer, Eiko Ishioka mendapat penghargaan dan penghormatan dari google melalui doodle peringatan kelahirannya yang ke-79 pada hari ini. 

Masih banyak fakta menarik lainnya seputar Eiko Ishioka termasuk terpilih menjadi salah satu anggota New York Art Directors Club Hall of Fame. Hanya segelintir orang Asia yang bisa menjadi anggotanya.

Share this article

Related Post

Please write your comments