Follow Me

Tips dan Trik MIUI 8 : Mempercepat dan menghindari LAG xiaomi

Tips dan Trik MIUI 8 : Mempercepat dan menghindari LAG xiaomi
Dalam artikel kali ini kami akan membahas cara untuk mempercepat kinerja atau performa xiaomi kita yang berjalan pada MIUI 8, jadi jika xiaomi kita mengalami sering lag, hang, panas atau overheat dan sebagainya, mungkin tips dan trik ini dapat membantu untuk mengatasinya, nah tips dan trik ini tidak perlu ribet dan gak perlu root juga kok.Mesti yang sering membuat pengguna smartphone bete itu salah satunya smartphone yang leled, lambat dan sebagainya jadi dengan cara ini kita bisa mengatasi untuk xiaomi yang mengalami LAG dan juga bisa mengatasi untuk xiaomi yang mengalami panas.

Sedang asik chating tiba-tiba smartphone hang, freeze atau semacamnya, ini bisa di akibatkan karena pemaikan kita, atau karena semakin lama smartphone pasti tetap mengalami kendala ini, semahal apapun smartphone, dan perawatan software tentu penting untuk menjaga sebuah smartphone agar kinerjanya terus maksimal, termasuk pada xiaomi di miui 8, nah berikut adalah cara untuk mengatasi dalam artikel kami tentang Tips dan Trik MIUI 8 : Mempercepat dan menghindari LAG xiaomi, selamat membaca.

Shutdown atau Matikan menghindari lag dan panas

Sering-sering menshutdown xiaomi kita itu penting untuk menjaga performaa tetap stabil dan tidak panas, paling tidak usahakan sehari sekali kita matikan smartphone kita, dan juga ketika teman-teman merasa sering mengalami masalah lag dan lambat, silahakn usahakan untuk mematikan smartphone kita setelah melakukan membersihkan file-file sampah.
Bersihkan file-file sampah

Ada gitu di android file-file sampah ? tentu ada, termasuk file cache, file-file ini biasnaya membuat smartphone lag dan panas, termasuk di xiaomi pada miui 8, lalu dari mana asalnya file-file semacam ini ? file-file semacam ini biasanya datang dari sebuah aplikasi yang telah kita gunakan, biasanya akan meninggalkan file sampah semacam cache dan sejenisnya, sehingga ini akan memenuhi ruang pada smartphone xiaomi kita dan tentu akhirnya  membuat xiaomi miui 8 kita membuat performa menurun bahkan sering mengalami lag.

Cara untuk membersihkan file-file sampah cukup mudah kok, masuk pada aplikasi atau app security > lalu masuk ke cleaner atau pembersih dan bersihkan.
Bersihkan histoy chat

Chat adalah salah satu yang membuat android smartphone semakin hidup, ada berbagai macam aplikasi chating, seperti BBM, whatsapp, line, dan banyak lainnya, tetapi semakin lama jika kita tidak rajin untuk menghapus chat history kita, maka ini akan membuat ruang pada system penuh, apalagi jika di tambah sering mengirim video atau foto, dan tentu ini akan membuat sebuah smartphone menjadi leled, dan sering LAG, termasuk untuk xiaomi miui 8, nah jadi sering-seringlah untuk membersihkan chat kita, dan cukup menyimpan yang penting-penting saja.

Apalagi jika kita masuk ke dalam sebuah group chating, yang ketika banyak anggota dan banyak mengirimkan file video, gambar atau voice note dan settingan pada smartphone kita otomatis mendownloadnya, tentu selain akan memakan space pada internal memori, juga akan memakan banyak RAM.
Back up data di mi cloud dan lainnya
File yang kita simpan terlalu banyak ? ini juga dapat membuat sebuah smartphone manjadi lag loh, dan tentu performa akan menurun, sebab ruangan yang semakin sempeit dalam internal memori, tentu kita harus mendelete file-file yang tidak kita gunakan lagi, seperti foto dan lain-lain agar ruangan tetap lega.

Tetapi jika file-file tersebut penting, ada alternatif, backup file-file tadi pada mi cloud, nah pada mi cloud kita juga tidak hanya membackup foto, tetapi juga pesan dan macam-macam, tetapi selain mi cloud untuk backup foto, kita juga bisa menggunakan layanan pada google drive dan google photo, jadi kita bisa menghapus file-file tersebut di dalam smartphone kita, tetapi file tersebut tetap bisa kita akses ketika membutuhkan.

Hapus aplikasi yang tidak di gunakan
Terlalu banyak aplikasi yang kita install pada smartphone xiaomi kita juga dapat menyebabkan performa smartphone kita menurun bahkan bisa mengalami sering hang, nah jadi hapus atau uninstall saja aplikasi-aplikasi yang tidak kita gunakan, cara untuk menghapus atau unisntall aplikasi pada xiaomi miui 8 cukup mudah cukup tekan aplikasi yang akan kita hapus atau uinstall, lalu tekan uninstall.

Bersihkan RAM
RAM atau random access memory ini berfungsi menjadi ruang dimana proses berjalananya sebuah aplikasi, terkadang kita lupa untuk menutup aplikasi yang sudah tidak kita gunakan lagi, akhirnya semakin banyak aplikasi yang berjalan, tentu semakin ruang pada RAM menjadi sedikit dan jika terlalu over maka akan mengakibatkan LAG dan panas.

Bersihkan RAM dengan menutup aplikasi atau app yang sudah tidak kita gunakan, cara untuk membersihkan tekan menu sebelah tombol power, maka akan muncul aplikasi-aplikasi yang sebelumnya kita gunakan, lalu tekan lagi tanda x atau silang.

Pilih aplikasi auto start

Banyak aplikasi yang berjalan auto start atau berjalan otomatis, dan tentu jika semakin banyak aplikasi yang berjalan otomatis maka data yang berjalan pada latar belakang atau background akan semakin banyak, dan ini juga akan membuat sempit ruang pada RAM, maka monitori terus aplikasi yang berjalan dan pilih-pilih aplikasi yang akan menggunakan auto start, tetapi resikonya notifikasi dan pesan tidak akan muncul untuk aplikasi itu tanpa kita membukanya terlebih dahulu, jadi pilih aplikasi auto start kalo bisa jangan aplkasi yang penting digunaakn seperti BBM atau Whatsapp.

Cara untuk memilih auto start pada xiaomi miui 8 adalah, masuk ke aplikasi atau app security atau keamanan, lalu pilih permissions lalu tekan autostart dan pilih aplikasi yang akan auto start atau tidak.
Update system
Melakukan update pada system juga dapat meningkatkan performa dan kinerja sebuah smartphone karena tentu system terbaru itu akan menutup bugs-bugs pada system sebelumnya, jadi melakukan update tetapi sesuaikan dengan kebutuhan kita saja, jika dirasa update belum perlu dan masih bisa di tangani dengan cara-cara diatas, mungkin kita bisa menundanya, karena melakukan udpate system biasanya akan memakan banyak bandwith karenaa ukruan file yang besar.

Factory reset
Ini adalah jalan terakhir jika memang smartphone kita sudah sangat parah lagnya, atau performa atau kinerja yang sudah sangat menurun, serta sering mengalami panas maka sebaiknya kita lakukan facotry reset, karena dengan facotry reset smartphone kita akan seperti ketika kita membeli baru, data-data, aplikasi yang sudah kita download akan terhapus, jadi cara ini dilakukan maka sebelumnya pastikan dalam smartphone tidak ada data penting, dan sebaiknya backup dahulu data-data pentingnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url