Manfaat dan Khasiat Kulit Rambutan yang Tersembunyi - THEBOEGIS

Wednesday, July 4, 2018

Manfaat dan Khasiat Kulit Rambutan yang Tersembunyi



THEBOEGIS - Jika kita menengok mengenai kandungan pada kulit rambutan, ternyata memiliki manfaat yang tak kalah hebat dari daging buahnya. Sehingga sayang jika kulit buah rambutan dibiarkan, tanpa memperhatikan sedikit pun akan khasiat luar biasa yang terkandung di dalamnya.

Bahkan, dengan cukup menggunakan bahan dasar dari kulit buah rambutan, dapat diolah menjadi bahan alami untuk mengatasi ragam penyakit yang membahayakan tubuh. Hal ini karena beragam senyawa organik yang cukup kuat terdapat pada kulit rambutan. Maka tak heran banyak orang yang menyajikannya sebagai ekstrak maupun obat, yang berguna untuk menyehatkan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat yang tersimpan di dalam kulit buah rambutan ini?

1. Sebagai Obat Disentri Alami

Terjadinya disentri kerap dikarenakan oleh infeksi pada organ usus, yang menyebabkan diare dibarengi dengan adanya darah atau lendir. Untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan kulit rambutan sebagai obat alaminya.

Caranya : Ambil kulit rambutan secukupnya saja, kemudian mencucinya sampai bersih. Setelah itu potong kulit rambutan menjadi ukuran kecil-kecil dan rebuslah dengan 3 gelas air, lalu biarkan sampai kondisi air tersisa setengahnya. Kemudian diamkan air sampai dingin dan tuangkan ke dalam gelas. Minumlah air rebusan kulit rambutan ini 2 kali sehari, hingga disentri dapat disembuhkan secara alami.

2. Mengatasi Demam

Cara Penggunaannya : Cukup sediakan saja 15 gram kulit rambutan yang sudah dikeringkan, kemudian rebuslah dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah itu, diamkan air rebusan selama beberapa menit sampai dingin. Kemudian saring dan tuangkan ke dalam gelas, lalu minumlah air rebusan tersebut 3 kali sehari.

3. Mencegah Radikal Bebas

Kandungan Asam Galat yang terdapat pada kulit rambutan, memang cukup efektif dalam mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dan sudah sepatutnya kita menjaga tubuh agar terhindar dari radikal berbahaya ini. Oleh karena itu, Anda bisa membuat ramuan khusus yang terbuat dari bahan dasar kulit rambutan sebagai penangkal radikal bebas.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Selain menanggulangi terjadinya timbunan sel kanker dalam tubuh, kandungan Flavonoid pada kulit rambutan juga dikenal manjur untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Di mana tingkat kolesterol yang tinggi, akan memicu berbagai permasalahan pada tubuh. Dengan begitu membuat ramuan alami yang berbahan dari kulit rambutan, akan membantu mengatasi kolesterol berlebih dalam tubuh.

Share this article

Related Post

Please write your comments