Follow Me

Terdengar Indah, Tapi Nama-nama Anak Ini Dilarang Digunakan dalam Islam

THEBOEGIS - Agama Islam juga mengajarkan untuk memberi nama yang baik untuk anak. Sebagaimana dinyatakan dalam sebuah hadis, “Sesungguhnya pada hari kiamat nanti kalian akan dipanggil sesuai nama kamu dan nama ayahmu, karena itu buatlah nama yang baik bagi diri kamu.” (HR Abu Dawud)

Dalam hadis lain, disebutkan bahwa orang tua dianjurkan memberi nama anaknya dengan nama-nama para nabi atau orang-orang saleh. “Sesungguhnya mereka memberikan nama anak-anak mereka dengan nama-nama para nabi dan orang-orang saleh.” (HR Muslim)

Ada juga riwayat lain tentang pemberian nama ini, di antaranya dianjurkan memberi nama yang bermakna penghambaan kepada Allah, misalnya Abdul Ghoni (hamba Allah Yang Maha Kaya) atau Abdul Aziz (hamba Allah Yang Maha Mulia).

Namun, yang penting diketahui, tidak semua nama berbahasa Arab itu bagus. Beberapa nama dalam bahasa Arab justru dilarang digunakan. Nama-nama ini sebetulnya bermakna baik dan terdengar indah. Nama-nama yang dilarang ini karena nama tersebut hanya milik Allah, seperti Al-Quddus (suci), Al-Khaliq (pencipta), Al-Samad (abadi), Al-Razaq (penyedia), Al-Ahad (satu), Al-Jabbar (penguasa), Al-Awwal (pertama), Al-Akhir (terakhir), Al-Mutakabbir (agung), dan Al-Baatin (tersembunyi).

Memang menggunakan nama-nama yang dilarang ini tidaklah berdosa, tapi alangkah baiknya jika kita mengikuti anjuran Islam ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url