Follow Me

Cara mempercepat charging atau cas pada android

Cara mempercepat charging atau cas pada android
Seperti yang kita ketahui bahwa smartphone membutuhkan waktu untuk mencharger atau cas sampai penuh, tetapi bagaimana jika kita terburu-buru ? tentu tidak akan punya cukup waktu untuk menunggu smartphone android kita terisi penuh bukan? misal kita lupa mencharger saat tertidur padahal kita ada janji dipagi hari dan setelah bangun kita hanya mempunyai waktu 30 menit misal, sedangkan baterai kita hanya tinggal beberapa persen, tentu kita akan bingung bukan? nah pada artikel yang sekarang anak santai akan memberikan tips mempercepat charger atau cas pada smartphone android kita.

Kami akan memberikan tips mepercepat atau mempersingkat charging atau cas dan cara ini tidak membutuhkan root atau sejenisnya, ini tips dan trik mepercepat charging, semisal smartphone kita dilengkapi dengan fitur fast charging, dengan cara ini, kita bisa mempercepat fitur fast charging menjadi lebih cepat, dan sebelumnya kami juga sudah pernah membahas cara memperbaiki smartphone yang tidak bisa di charging disni, dan berikut adalah tips dan trik mempercepat chraging atau cas pada smartphone android.

Pertama aktifkan mode air plane atau pesawat

Biar kami jelaskan kenapa mode ini dapat mempercepat charge atau cas, pada mode ini tentu smartphone akan bekerja lebih ringan, karena secara otomatis internet dan data internet akan mati, sehingga smartphoen tidak bekerja lebih keras, dan tentu aplikasi-aplikasi yang terus berjalan dan  merefresh otomatis akan berhenti dalam mode ini, seperti aplikasi facebook, whatsapp, bbm dll, sehingga ketika smartphone sedikit bekerja, tentu daya baterai yang di gunakan akan sedikit, dan ini akan mempercepat pengisian.

Matikan fitur yang tidak di gunakan

Mematikan fitur juga dapat mempercepat charging, karena jika fitur-fitur yang tidak sedang kita gunakan tetap hidup maka smartphone akan membutuhkan banyak daya, dan ini seperti kita mengisi air di kolam, dan ternyata kolam mengalami kebocoran, kita akan membutuhkan waktu lama untuk membuatnya benar-benar penuh, saran kami fitur-fitur seperti GPS, NFS, Wifi dan bluetooth dimatikan, atau fitur-fitur lain sehingga smartphone tidak bekerja lebih extra ketika di charge, boleh di hidupkan kembali setelah charge selesai, tetapi untuk mengehmat baterai lebih baik digunakan saat benar-benar di butuhkan saja fitur-fitur tersebut.

Jaga agar smartphone tetap dingin

Menjaga smartphone agar tetap dingin juga dapat mempercepat proses charging, jika kita menggunakan cover, lebih baik lepaskan cover terlebih dahulu jika kita terburu-buru untuk mengisi atau mencharger smartphone, sehingga smartphone tetap dalam keadaan dingin, kenapa menjaga tetap dingin dapat mempercepat charging atau cas, karena prinsip sederhana baterai akan bekerja lebih baik jika baterai dalam keadaan dingin.

Jangan charge atau cas menggunakan PC atau laptop
Jika kita menginginkan charge atau cas secara cepat, jangan gunakan pc atau laptop untuk mencharger, karena menggunakan pc atau laptop ketika mencharger akan memperlambat pengisian sampe 30 – 50 %, sehingga kita justru akan membutuhkan waktu lebih banyak, lebih baik gunakan terminal colokan listrik yang biasa ada di dinding rumah kita.

Kenapa charger di laptop atau pc bisa membuat lama waktu pengisian? biar kami jelaskan disni, USB port laptop atau pc hanya mempunyai kapastias sebesar 0.5A dan maksimal untuk USB port 3.0 adalah 0.9A, sedangkan adapter dapat mengisi sampai 1A, jadi untuk mencapai 1 A.

Gunakan kabel dan adapter charger yang original

Seperti yang kita ketahui, bahwa semua smartphone dapat di charge dengan charge yang sama, tetapi perlu di catat, setiap charge dan adapter untuk masing-masing smartphone mempunyai kapastias sendiri-sendiri, jadi misal kapastias kabel dan adapter samsung berbeda dengan asus, dan asus berbeda juga untuk LG, dan LG berbeda juga untuk nexus, dan nexus berbeda juga untuk xiaomi, dan semuanya berbeda-beda.

Ini juga untuk fast charging, jika smartphone kita mempunayi fitur fast charging, bukan berarti kita bisa menggunakan sembarangan adapter dan usb kabel untuk melakukan fast charging, bahkan jika menggunakan charger biasa fitur ini tidak dapat bekerja, sehingga kita perlu menggunakan adapter dan usb kabel yang asli agar fitur ini dapat berjalan maksimal, lebih baik kita membeli yang baru dan ori jika mengalami kerusakaan pada kabel atau adapternya.

Jangan terlalu sering di lihat saat charge atau cas

Seperti yang kita semua ketahui, screen atau layar adalah pemeran utama dalam mengkonsumsi daya baterai, kita bisa melihatnya pada Settings > apps > battrey. kita dapat melihat bahwa screen berada di posisi pertama untuk aplikasi yang banyak mengkonsumsi daya baterai. Sedangkan jika kita sering untuk melihat smartphone yang di sedang di charge atau di cas, berarti kita menghidupkan screen layar kita, dan setelah hidup screen akan banyak memakan daya baterai, jadi seperti gambaran kolam air diatas, jadi biarkan screen terkunci dan mati agar tetap menjaga daya yang masuk ke baterai.

Aktifkan battery-saving mode

Dalam mode ini, aplikasi-aplikasi yang tidak di gunakan otomatis berhenti, jadi kita tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang terhenti karena tidak digunakan, seperti aplikasi facebook, whatsapp, bbm dll. Semua aplikasi yang tidak aktif akan terhenti, jadi biasanya juga kita tidak akan menerima pesan jika tidak membuka aplikasi tersebut, nah jika ingin mencharge lebih cepat, fitur ini dapat menjadi salah satu andalan agar smartphone tidak terlalu banyak memakan baterai sehingga charger atau cas menjadi lebih cepat.

Matikan Smartphone

Ini adalah cara paling simple dan paling praktis, ketika kita membutuhkan waktu yang cepat untuk mencharger atau cas, maka cara ini dapat di andalkan, karena dengan smartphone berhenti bekerja, maka smartphone tidak akan memakan daya baterai, sehingga aliran listrik tidak langsung di gunakan ketika masuk, jadi mungkin dengan mematikan atau turn off smartphone, kita dapat mempercepat waktu charger sampai 20 – 30 %, jadi yang biasanya 3 jam baru full, dengan dimatikan maka kita hanya membutuhkan waktu menjadi 2 jam saja.

Gunakan Power bank

Pilihan ini adalah pilihan terakhir bagi orang yang suka terburu-buru dan tidak ada waktu untuk mencharge atau cas smartphonenya, menggunakan power bank, dengan ini kita tetap bisa mencharger smartphone kita dimana saja, tetapi jangan asal membeli power bank, kita harus benar-benar paham power bank terbaik untuk smartphone kita, hendaknya sebelum membeli power bank, kita pelajari dulu power bank yang baik, bagus dan berkualitas jadi kita tidak sia-sia membeli power bank, mungkin agak mahal sedikit jika power bank yang bagus, tetapi kenapa tidak jika ini memudahkan kita yang sering berpacu dengan waktu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url