Follow Me

Fitur-fitur MIUI 9, banyak yang baru

Kali ini kami akan membahas miui yang terbaru dari xiaomi, yaitu miui 9, fitur-fitur miui 9, tips dan trik miui 9 dan cara-cara mengaktifkan fitur dari miui 9 ? sebenernay fitur miui 9 ini ada beberapa yang baru dan ada beberapa yang emang adaptaris dari miui 8, jadi kalo ada kesamaan tentang fitur itu emang sama sih konsepnya cuma ada sedikit perubahan dan pembaharuan dari bugs-bugs dari fitur yang sama.

Sedikit info, xiaomi mengatakan bahwa miui 9 ini dapat mempercepat kinerja smartphone xiaomi kita, mempercpat speed aplikasi yang di jalankan atau di start, dan berabagai macam improve tentang performa smartphone, nah kami tidak akan lebih dalam membahas itu, kami akan membahas fitur-fitur dari miui 9 dan berikut adalah fitur-fitur MIUI 9 :

Silent mode dan DND mode

Nah, ini fitur emang sih udah biasa ada di miui sebelumnya, cuma fitur SIlent mode atau do not disturb ini ada pada miui 8 dan lebih mudah cara mengoprasikannya, selain itu kita juga bisa mengatur timer untuk DND atau silent mode ini.

Cara melakukan
Caranya cukup simple kok, pertama kita tekan volume pada home screen, setelah muncul indikator voulme kita tinggal menarik kebawah, setelah itu togle atau on kan silent mode setelah itu ada pilihan pengaturan silent mode atau DND mode tinggal pilih, dan kita bisa mengatur waktu mau berapa lama silent mode atau dnd mode, nah kalo teman-teman bingung, silahkan teman-teman buffering video kami yang ada di akhir artikel ini cara mengaktifkannya.

Key and Gesture shortcut

Fitur Key and Gesture shortcut adalah fitur dimana kita bisa mengatur sendiri tombol-tombol lain, kita bisa mengatur untuk membuka kamera kita tinggal menekan tombol power atau tombol volume, untuk mengambil screenshot kita juga bisa mengaturnya dengan cara menakan tombol apa saja, jadi intinya shortcut untuk memudahkan kita melakukan aktifitas pada smartphone kita.
Cara mengaktifkan
  • Pertama masuk ke Settings lalu Additonal settings lalu cari Buttons dan On kan.
  • Setelah itu kembali ke Additional Settings lalu scroll dan cari Key and Gesture shortcut.
  • Setelah masuk ke Key and Gesture shortcut akan muncul pilihan apa saja yang akan di berikan shortcut.
  • Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video di akhir artikel

Home Screen Editor

Home screen editor adalah kita bisa memindah-mindahkan aplikais sesuai keinginakan kita pada home screen, jadi kita bisa mengatur letak-letak aplikasi dan lain-lain, caranya cukup mudah tekan bagian kosong di salah home screen, lalu pada shortcut atau icon app akan muncul bundar-bundar, dan setelah itu kita bisa mengatur app untuk di letakan dimana.

Sebenernya fitur ini juga sudah ada pada miui 8, tetapi ada perubahan interfacee pada miui 9.

Recent Apps
Nah Recent app memang sudah ada pada miui 8, tetapi pada miui 9, desain yang dirubah secara signifikan, nah caranya cukup mudah, seperti biasa pada tombol recent app kita klik, lalu geser kebawah untuk lock atau geser kebawah untuk buka kunci recent app, cukup mudah kan?

Taplus

Fungsi dari fitur taplus miui 9 adalah ketika kita menerima link dari pesan dan kita mengkliknya, kita akan diberi pilihan untuk membuka link tersebut dengan browser atau melakukan edit pada link itu, cara mengaktifkannya adalah masuk ke Settings>MIUI Lab>Taplus.

Quick Card

Nah fitur paling ramai di bahas adalah quick card tadinya namanya Smart Assistant, nah fitur ini dapat kita buka atau kita aktifkan dengan cara menggeser homescreen dari kiri ke kanan, setelah melakukan itu maka fitur quick card akan muncul, dalam fitur ini kita bisa mencari aplikasi dengan cara mengetiknya, kita bisa mencari gambar atau foto dengan cara mengetik pada fitur ini.

Kita juga bisa memasukan URL atau tulisan dan otomatis akan mencarinya pada website atau brwoser di internet, cara ini cukup membuat simple kok, nah untuk lengkapnya, silahkan lihat video di akhir artikel ini ya.

Security App

Nah Security App emang sudah ada juga pada miui sebelumnya, tapi untuk yang miui 9 tampilannya benar-benar fresh, kita bisa mengaksesnya melalui Security App>Battery>Automated Task, lalu kita bisa melihat berapa banyak data internet yang di gunakan oleh aplikasi, dan berapa baterai yang di gunakan untuk aplikasi tersebut. melakukan Autostart Permission pada aplikasi dan mengganti Battery Restrictions pada aplikasi, nah untuk lebih jelasnya ayo lihat video pada akhir artikel ini.

Split screen

Split screen ini fungsinya ketika kita akan membuka aplikasi yang sedang kita buka bergantian, nah cara untuk melakukanya adalah klik tombol menu, setelah itu akan muncul aplikasi yang telah kita buka dan tinggal klik saja aplikasi yang ingin dibuka kembali, jadi kita tidak perlu repot-repot masuk ke home lalu membuka aplikasi lagi.

Picture In Picture Mode

Nah cara ini digunakan ketika kita ingin memutar video youtube pada xiaomi sembari melakukan akvitas lain, seperti memutar video youtube sambil browsing, chating bbm, line atau whatsapp, kita bisa melakukannya sekarang tanpa aplikasi lain
Cara mengaktifkan

Caranya adalah masuk kee Settings ->System Apps ->Mi Video-> User Experience Program -> Enable Picture in picture.

Untuk lebih jelas silahka liat video diakhir artikel ini ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url